Seminar Ilmiah Ponpes Terpadu Ulul Abshor

Seminar Ilmiah

Lembaga Pendidikan Pesantren Terpadu (LPPT) Ulul Abshor Semarang akan menyelenggarakan Seminar Ilmiah pada hari Sabtu, 29 September 2018 mulai pukul 08.00 WIB s.d. selesai. Seminar ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1440 H sehingga mengambil tema “Dengan Hijrah Kita Bangkitkan Revolusi Mental Berbasis Kekuatan dan Segenap Potensi Bangsa untuk Membangun Pendidikan Berkarakter Tauhid”. Insya allah seminar akan diisi oleh dua orang pembicara yang sudah ahli di bidangnya masing-masing. Pembicara pertama ialah Drs. Kastori seorang praktisi pendidikan yang sekaligus Pengasuh Yayasan Pondok Pesantren Terpadu Ulul Abshor. Sedangkan pembicara kedua ialah Dr. Sunarto, S.Pi., M.Si., seorang pakar kelautan dari Universitas Padjadjaran Bandung.

Yang membuat seminar ini insya Allah istimewa ialah kedua pakar akan mengetengahkan materi yang mengkorelasikan antara pandangan Islam dengan pentingnya eksplorasi sumber daya kelautan. Oleh karena itu, peserta seminar nantinya akan mendapatkan wawasan ilmiah yang insya Allah bermanfaat. Peserta seminar sendiri terdiri atas para santri Ulul Abshor dari kelas 6 SD hingga kelas 12 MAK, para walisantri, para guru dan karyawan LPPT Ulul Abshor, para tamu undangan serta masyarakat umum.

Seminar ini terbuka untuk umum dan tidak dikenakan kontribusi. Bagi peserta yang menghendaki sertifikat seminar nanti juga disediakan oleh panitia. Mari bagi saudara-saudari muslimin-muslimat yang berkenan hadir dalam acara tersebut dipersilakan dengan niat tholabil ilmi karena Allah Ta’ala.

Bagikan

KAJIAN ISLAM MANHAJI

kajian

Pondek Pesantren tidak bisa lepas dari keterlibatan dan pengabdiannya pada masyarakat. Begitupun Lembaga Pendidikan Pesantren Terpadu Ulul Abshor. Guna melaksanakan kewajiban dakwah islamiyyah, LPPT Ulul Abshor menyelenggarakan Kajian Rutin setiap hari Senin dimulai pukul 10.00 WIB s.d. selesai. Bertempat di aula LPPT Ulul Abshor, kajian ini dibimbing langsung oleh Ketua sekaligus Pendiri Yayasan LPPT Ulul Abshor Ustaz Drs. Kastori.

Kajian ini terbuka untuk umum kaum muslimin dan muslimat yang ingin memperdalam ilmu agamanya untuk memperbaiki kualitas hidup di dunia dansebagai bekal menuju kehidupan kekal di akhirat nanti. Jamaah bisa mengajukan berbagai pertanyaan sesuai kebutuhan dan insya Alloh akan dijawab oleh Ustaz dengan referensi yang terdapat dalam kitab-kitab yang mu’tamad.

Untuk informasi lengkap terkait kajian, jamaah bisa menghubungi Ustaz Sugiyanto (085741304810) dan Ustaz Eko Sujarwanto (081228465419).

Bagikan

USAI AKREDITASI, SD PESANTREN TERPADU ULUL ABSHOR SIAP TINGKATKAN PRESTASI

Pada bulan Agustus 2018 yang lalu, beberapa Sekolah Dasar di Kecamatan Banyumanik Kota Semarang, termasuk SD Pesantren Terpadu Ulul Abshor ‘punya gawe’ lima tahunan yaitu akreditasi sekolah. Semangat luar biasa ditunjukkan oleh tim akreditasi SD Pesantren Terpadu Ulul Abshor untuk menyambut momen berharga ini. Kenapa berharga? Karena dengan akreditasi ini sekolah dapat mengukur dan menilai diri apakah pengelolaan pendidikan yang diselenggarakan selama ini sudah sesuai dengan standar pengelolaan pendidikan yang baik atau belum.

SD Pesantren Terpadu Ulul Abshor terjadwal mendapat kunjungan dari tim asesor Badan Akreditasi Nasional Sekolah dan Madrasah (BAN-SM) pada tanggal 13-14 Agustus 2018. Acara dibuka dengan upacara pembukaan pada hari pertama yang diisi dengan sambutan-sambutan, di antaranya dari Ketua Yayasan Lembaga Pendidikan Pesantren Terpadu (LPPT) Ulul Abshor yang menaungi SD Pesantren Terpadu Ulul Abshor, Kepala Sekolah,  tim pengawas dan tim asesor. Yang perlu digarisbawahi dari sambutan-sambutan yang telah disampaikan adalah bahwa akreditasi merupakan peristiwa biasa yang seharusnya sudah dilaksanakan dalam pengelolaan pendidikan setiap harinya. Namun, bisa jadi ada sekolah yang belum bisa menyelenggarakannya sesuai standar nasional pengelolaan pendidikan karena masih terhambat oleh hal-hal yang belum dimiliki maupun diketahui oleh sekolah. Di sinilah pentingnya akreditasi sehingga sekolah mampu mengoreksi diri sudah sebaik apa tingkat pelayanannya terhadap peserta didik.akre 2 akre 5

Proses koreksi diri tersebut terurai dalam sesi wawancara tim asesor terhadap tim akreditasi Sekolah yang mencakup delapan instrumen standar akreditasi. Sekali lagi bukan nilai akreditasi yang ingin didapatkan dari proses ini, melainkan sekolah mampu menilai apa saja kekurangannya dalam menyelenggarakan layanan pendidikan selama ini.

Rangkaian proses akreditasi ditutup dengan pesan dan kesan yang disampaikan oleh tim asesor dan tim pengawas sekolah. Alhamdulillah kesan positif tergambar dari sambutan-sambutan penutupan terhadap seluruh proses akreditasi selama dua hari itu. Tidak lupa, tim asesor, tim pengawas sekolah dan tim akreditasi sekolah berfoto bersama sebagai pengingat-pengingat momen langka ini.

akre 3 akre 6

Semoga lepas dari akreditasi ini, SD Pesantren Terpadu Ulul Abshor mampu meningkatkan prestasinya dalam menyelenggarakan layanan pendidikan lembaga resmi dakwah islamiyyah dan menjalankan amanat UUD 1945 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.

Bagikan

Posko Donatur Terpadu

ramadhan-ua

Berangkat dari kesadaran yang paling dalam, untuk membangun bangsa atas asas berkat rahmat Alloh yang maha kuasa, maka kami mengajak kaum muslimin ikut berpartisipasi dalam kegiatan Dakwah Terpadu dengan pesantren kami dalam bentuk : Ziswaf di Posko Donatur Terpadu.

img_20180509_101928

Menerima Ziswaf

1. Infaq Dakwah dan para da’i

2. Beasiswa Yatim

3. Wakaf dan Infaq Pembangunan

4. Infaq Umum

Transfer melalui : BSM, No.Rek. 7083927474 a.n. Murniwati, KCP. Banyumanik Smg

Cp : Ustadzah Murniwati (085876903256)

 

Bagikan