Arsip Kategori: Artikel

PENERIMAAN SANTRI BARU TAHUN PELAJARAN 2018-2019

Kami Lembaga Pendidikan Pesantren Terpadu Ulul Abshor yang terdiri dari Play Group (Kelompok Bermain), Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Aliyah Keagamaan (MAK) Pesantren Terpadu Ulul Abshor siap membuka Pendaftran Penerimaan Santri Baru tahun pelajaran 2018-2019 yang InsyAllah akan dibuka secara resmi pada 1 Januari 2018 (Gelombang khusus).

Berikut ini informasinya :

psb-web

PESANTREN LIBURAN 2017

Libur telah tiba, libur telah tiba …..

Ayoooo adek-adek mari kita isi liburan kita dengan kegiatan yang asyik dan menyenangkan. Agar liburan kita menjadi bermakna dan menambah wawasan.

Kami LPPT Ulul Abshor menyelenggarakan “PESLIB” (Pesantren Liburan) dari jenjang TK, SD, SMP dan SMA.

Buruannn daftar …

brosur-peslib-2017-depan-web

 

SUNNAH NABI ITU MEMANG SUPER

INFO SEHAT UNTUK KITA:

Nabi Muhammad SAW dalam melakukan segala sesuatu bukan tanpa alasan, ternyata ada faedah tertentu dibalik semua itu yg baik untuk kesehatan kita. Beberapa sunnah Rasulluallah yg harus kita ketahui :

1. Bab Duduk, duduk yg terlalu lama ternyata dapat beresiko tinggi terkena wasir/ambeien. Maka terkadang harus dikondisikan untuk jongkok. Ternyata jongkok lebih bersih dan menyehatkan, dan yg terpenting itu adalah *SUNNAH.*

2. Bab Kencing berdiri beresiko prostat dan batu ginjal. Kencing yg disunnahkan jongkok lebih bersih dan menyehatkan, dan yg terpenting itu adalah *SUNNAH.*

3. Bab makan lebih baik menggunakan tangan. Hal itu ternyata Enzim di tangan membantu makanan lebih mudah dicerna dibanding dengan besi, kayu, atau plastik, makan dengan tangan lebih bersih, fitrah dan menyehatkan, dan yg terpenting itu adalah *SUNNAH.*

4. Makan dan minum berdiri dpt mengganggu pencernaan. Dengan duduk lebih santun dan menyehatkan, dan yg terpenting itu adalah *SUNNAH.*

5. Makan di kursi, masih kurang menyehatkan. Dengan duduk di lantai, tubuh akan membagi perut menjadi 3 ruang: udara, makanan dan air, dan yg terpenting itu adalah *SUNNAH.*

6. Makan buah setelah makan (cuci mulut) kurang bagus bagi lambung, karena ada reaksi asam. Yang sehat adalah makan buah sebelum makan, membantu melicinkan saluran pencernaan dan membuatnya lebih siap, dan yg terpenting itu adalah *SUNNAH.*

7. Tidur tengkurep tidak bagus untuk kesehatan, bahkan itu tidurnya syetan.
Tidur menghadap kanan lebih menyehatkan, dan yg terpenting itu adalah *SUNNAH.*

Banyak Rahasia Sunnah yg telah diteliti para pakar, dari segi hikmah, manfaat, dan kesehatan. Benarlah yg dikatakan: di balik sunnah ada kejayaan. Bagi kita, jika misalnya belum tahu manfaatnya, terus saja semangat mengikuti adab dan tuntunan Rasul. Manfaat itu efek samping, motivasi utamanya adalah mengikuti adab dan tuntunan Rasul.

Ada pendapat dari Seorang dokter Eropa berkata: jika semua manusia mengamalkan 3 sunnah saja (sunnah makan, sunnah di Kamar Mandi, dan sunnah tidur), maka harusnya saya berhenti jadi dokter karena tidak ada pasien.. masyaa Allah…. Cintailah sunnah Nabi, tidak hanya adab sehari2 tapi seluruh. apa yang telah Rasullah tetapkan dalam Islam .. “Mau yg disukai atau tidak”._*

_Wallahu A’lam Bishawab_

SUMBER SEGALA MACAM DOSA DARI TIGA PERKARA

بسم الله الرحمن الرحيم

Perlu kita ketahui bahwa segala macam dosa/perilaku yg menyimpang dari ajaran islam ternyata bermula dari beberapa sifat :

*Pertama adalah kesombongan (al kibr). Sifat inilah yang dimiliki oleh Iblis sehingga dia menyimpang ke jalan kesesatan.

*Kedua adalah tamak (al hirsh). Sifat inilah yang membuat Adam keluar dari surga.

* Ketiga adalah dengki (al hasad). Sifat inilah yang membuat salah satu anak Adam membunuh saudaranya.

Ibnul Qoyyim –rahimahullah- mengatakan, “Barangsiapa yang terbebas dari tiga sifat ini, maka dia akan terlindung dari segala macam kejelekan. (Ketahuilah), kekafiran itu berasal dari sifat sombong. Maksiat berasal dari sifat tamak. Sikap melampaui batas dan kezholiman berasal dari sifat dengki (hasad).”

Maka dari itulah hendaknya kita selalu meminta perlindungan Allah agar terhindar dari beberapa sifat yg menyimoang dari ajaran islam. Semoga Allah selalu memberikan kita petunjuk jalan yang benar dalam mengarungi bahtera kehidupan di dunia ini.

بارك الله فيكم

KEUTAMAAN MENUNTUT ILMU

Sebab Meraih Kebaikan Dunia dan Akhirat

Sebuah ucapan yang masyhur:

ﻣﻦ ﺃﺭاﺩ اﻟﺪﻧﻴﺎ ﻓﻌﻠﻴﻪ ﺑﺎﻟﻌﻠﻢ، ﻭﻣﻦ ﺃﺭاﺩ اﻵﺧﺮﺓ ﻓﻌﻠﻴﻪ ﺑﺎﻟﻌﻠﻢ، ﻭﻣﻦ ﺃﺭاﺩهما فعليه بالعلم.

Barangsiapa yang menginginkan dunia maka hendaklah dengan ilmu, dan barangsiapa menginginkan akhirat maka hendaklah dengan ilmu, dan barangsiapa menginginkan keduanya maka hendaklah dengan ilmu.
(Al-Imam An-Nawawi menisbatkan ke Al-Imam Asy-Syafi’i tanpa kalimat terakhir. Lihat Al-Majmu:1/20).

Ketahuilah wahai saudaraku, bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam telah bersabda:

مَنْ يُرِدِ اللَّهُ بِهِ خَيْرًا يُفَقِّهْهُ فِي الدِّينِ

“Barangsiapa yang Allah inginkan kebaikan baginya maka Allah pahamkan dia terhadap agama.
(HR.Al-Bukhari dan Muslim, dari Muawiyah radhiyallahu anhu).

Berkata Al-Imam An-Nawawi rahimahullah:

ﻓﻴﻪ ﻓﻀﻴﻠﺔ اﻟﻌﻠﻢ ﻭاﻟﺘﻔﻘﻪ ﻓﻲ اﻟﺪﻳﻦ ﻭاﻟﺤﺚ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﺒﺒﻪ ﺃﻧﻪ ﻗﺎﺋﺪ ﺇﻟﻰ ﺗﻘﻮﻯ اﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ

Dalam hadits ini terkandung keutamaan ilmu dan memahami ilmu agama, serta memotivasinya. Sebabnya adalah: karena memahami ilmu agama menuntun (menuju) taqwa kepada Allah Ta’ala.
(Syarh Shahih Muslim:7/128).

Berkata Syaikhul-Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah:

ﻭﻛﻞ ﻣﻦ ﺃﺭاﺩ اﻟﻠﻪ ﺑﻪ ﺧﻴﺮا ﻻ ﺑﺪ ﺃﻥ ﻳﻔﻘﻬﻪ ﻓﻲ اﻟﺪﻳﻦ ﻓﻤﻦ ﻟﻢ ﻳﻔﻘﻬﻪ ﻓﻲ اﻟﺪﻳﻦ ﻟﻢ ﻳﺮﺩ اﻟﻠﻪ ﺑﻪ ﺧﻴﺮا.

Setiap orang yang Allah inginkan baginya kebaikan, pasti Allah akan pahamkan dia terhadap agama. Dan barang siapa yang Allah tidak pahamkan terhadap agama maka Allah tidak inginkan baginya kebaikan.
(Majmu Al-Fatãwa:28/80).

Berkata Al-Hafidz Ibnu Hajar rahimahullah:

ﻭﻣﻔﻬﻮﻡ اﻟﺤﺪﻳﺚ ﺃﻥ ﻣﻦ ﻟﻢ ﻳﺘﻔﻘﻪ ﻓﻲ اﻟﺪﻳﻦ ﺃﻱ ﻳﺘﻌﻠﻢ ﻗﻮاﻋﺪ اﻹﺳﻼﻡ ﻭﻣﺎ ﻳﺘﺼﻞ ﺑﻬﺎ ﻣﻦ اﻟﻔﺮﻭﻉ ﻓﻘﺪ ﺣﺮﻡ اﻟﺨﻴﺮ.

Dipahami dari hadits ini bahwasanya orang yang tidak menuntut ilmu agama yaitu (tidak) mempelajari pokok-pokok islam dan yang berkaitan dengannya berupa cabang-cabang (agama), maka sungguh dia telah diharamkan kebaikan.
(Fathul-Bãri:1/165).

Berkata Al-Allamah ibnu Bãz rahimahullah:
Pemahaman terhadap agama adalah tanda kebahagiaan, yaitu ilmu yang memberi pengaruh kepada pemiliknya rasa takut kepada Allah, melahirkan penggagungan terhadap perkara-perkara yang dimuliakan Allah, dan (melahirkan) rasa diawasi (oleh Allah), serta mendorongnya untuk melaksanakn apa-apa yang diwajibkan Allah dan meninggalkan apa-apa yang diharamkanNya,dan (mendorongnya untuk) berdakwah kepada Allah serta menjelaskan syariatNya kepada hamba-hambaNya.
(Majmu Fatãwa Ibni Bãz:10/7).

Maka bersemangatlah untuk meraihnya dengan cara menuntut ilmu.

Berkata Al-Allamah Al-Utsaimin rahimahullah:
Ini menunjukkan bahwa seorang harus benar-benar semangat dalam memahami agama, karena Allah Ta’ala jika menginginkan sesuatu maka Dia menyiapkan sebab-sebab (yang mengantarkannya). Dan di antara sebab memahami agama adalah engkau menuntut ilmu dan berusaha meraih kedudukan yang agung ini, yaitu Allah menginginkan bagimu kebaikan.
(Syarh Riyãshis-Shãlihîn:5/422).

*Barangsiapa yang ikhlas dalam menuntut ilmu dan memahami agama ini dengan benar maka dengan izin Allah dia akan meraih kebaikan dunia dan akhirat.*

Berkata Al-Imam Ash-Shan’ãni rahimahullah:

فإن الفقه في الدين فيه خير الدارين

Sesungguhnya pemahaman terhadap agama terdapat di dalamnya kebaikan Ad-Dãrain (dunia dan akhirat).
(At-Tanwir:1/520).

Semoga Allah menjadikan kita termasuk orang-orang yang meraih kebaikan dunia dan akhirat