القواعد المهمة في فهم الاسلام (Kaidah-kaidah Penting dalam Memahami Islam)

حَدَّثَنَا حَفْصُ بْنُ عُمَرَ عَنْ شُعْبَةَ عَنْ أَبِي عَوْنٍ عَنْ الْحَارِثِ بْنِ عَمْرِو ابْنِ أَخِي الْمُغِيرَةِ بْنِ شُعْبَةَ عَنْ أُنَاسٍ مِنْ أَهْلِ حِمْصَ مِنْ أَصْحَابِ مُعَاذِ بْنِ جَبَلٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَمَّا أَرَادَ أَنْ يَبْعَثَ مُعَاذًا إِلَى الْيَمَنِ قَالَ كَيْفَ تَقْضِي إِذَا عَرَضَ لَكَ قَضَاءٌ قَالَ أَقْضِي بِكِتَابِ اللَّهِ قَالَ فَإِنْ لَمْ تَجِدْ فِي كِتَابِ اللَّهِ قَالَ فَبِسُنَّةِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ فَإِنْ لَمْ تَجِدْ فِي سُنَّةِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَلَا فِي كِتَابِ اللَّهِ قَالَ أَجْتَهِدُ رَأْيِي وَلَا آلُو فَضَرَبَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَدْرَهُ وَقَالَ الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي وَفَّقَ رَسُولَ رَسُولِ اللَّهِ لِمَا يُرْضِي رَسُولَ اللَّهِ

Artinya:    

    “Rasulullah ketika akan mengutus Muadz ke Yaman bersabda: Bagaimanakah kamu akan mengambil keputusan ketika dihadapkan pada permasalahan? Muadz menjawab: Aku akan memutuskan dengan kitabullah (jawab Muadz). Jika tidak kau temukan dalam kitabullah? Dia menjawab: dengan sunnah utusan-Nya jika tidak kau temukan dalam sunah utusan-Nya dan dalam kitab-Nya? Dia menjawab: Aku akan berusaha dengan nalarku dan tidak akan keluar dari jalan yang lurus. Rasul menepuk pundak Muadz seraya bersabda: Segala puji milik Alloh yang memberi petunjuk utusan rasul-Nya terhadap perkara yang membuatnya ridho Rasululllah ” .                                                                              

Dan perintah-perintahdala Al-qur’an tidak ( boleh ) kecuali perintah hakim hyang dia berhukum dengan adil dan benar ,  Dan apa-apa yang diturunkan Allah dan yang di inginkan oleh Allah bagian dari yang dimaklumi bagi setiap dari orang yang tau .  Sesungguhnya orang tidak tau secara persis perintah-perintah Qur’an kecuali orang yang mujtahid .

Yang termasuk kaidah-kaidah penting dalam memahami islam                A. الاسلا نظام شامل يتناول مظاهر الحياة جميعا

Islam merupakan sistem hidup yang menyeluruh yang meliputi seluruh aspek kehidupan semuanya .  Termasuk negara , tanah air , urusan pemertintah , urusan ummat , sistem akhlak , kekuatan , rahmat , keadilan , peradaban , perundang-undangan , ilmu , peradilan , sistem harta , tata kerja , kekayaan , sistem jihad , dakwah , kemiliteran , dan pola pikir .      

B. والقرأن الكريم والسنة المظهرة مرجع كل مسلم في تعرف احكام الاسلام

Qur’an yang mulia dan sunnah yang suci merupakan rujukan yang asli bagi setiap muslim dalam mengenal hukum-hukum islam . Dan memahami Qur’an harus sesuai dengan kaidah bahasa arab , tetapi tidak boleh memaksakan diri dan menggampangkan ( menyepelekan ) .  Dan ketika memahami sunnah harus kembali pada periwayat hadits yang tsiqot .

C. وكل احد يؤخذ من كلامه ويترك الاالمعصوم صلى الله عليه وسلم

Dan setiap seseorang boleh diambil pendapatnya dan boleh   ditinggalkan , kecuali Rasulullah . Setiap yang datang dari salaf , jika sesuai dengan kitab dan sunnah maka kita terima . Dan kitab dan sunnah lebih  utama untuk diikuti serta kita tidak boleh mencaci maki dan mencela bagi orang yang berbeda pendapat dengan kita .   

 

kajian-1
Kajian Senin Pagi, 31 Oktober 2016
Bagikan