TERAPI HATI

brosur-smp-anyar-depan

Dari An Nu’man bin Basyir radhiyallahu ‘anhuma, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

أَلاَ وَإِنَّ فِى الْجَسَدِ مُضْغَةً إِذَا صَلَحَتْ صَلَحَ الْجَسَدُ كُلُّهُ ، وَإِذَا فَسَدَتْ فَسَدَ الْجَسَدُ كُلُّهُ . أَلاَ وَهِىَ الْقَلْبُ

Ingatlah bahwa di dalam jasad itu ada segumpal daging. Jika ia baik, maka baik pula seluruh jasad. Jika ia rusak, maka rusak pula seluruh jasad. Ketahuilah bahwa ia adalah hati (jantung)” (HR. Bukhari dan Muslim)

Begitu pentingnya hati, karena di sanalah tempat keimanan, keyakinan, harapan, takut, tawakkal, cinta, semangat, niat dan seluruh amalan hati berada. Dalam hati juga tempat kekufuran, keraguan, dan bisikan-bisikan jahat bersarang. Hanya hati yang selamatlah yang kelak pada hari kiamat bisa mendatangkan manfaat kepada pemiliknya di saat harta dunia tiada berguna.

Allah berfirman:ii

“Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggung jawaban. ” (QS Al-Isro’: 36)

Berdasarkan hal tersebutlah betapa pentingnya hati untuk kita jaga dan juga selalu kita upgrade kedalam hal-hal yang baik agar nantinya hati yang kita miliki tetap sehat. berikut ini beberapa terapi hati yang biasa kita jalankan :

  1. Membaca Al-Qur’an

Dengan membaca Al-Quran seorang muslim mendapatkan cahaya petunjuk dari Allah S.W.T, obat jiwa dan penawarnya yang penuh rahmat, sebagaimana Allah berfirman; “Wahai manusia, telah datang kepadamu nasihat dari tuhanmu (Al-Quran) dan obat untuk di dalam dada serta petunjuk dan rahmat bagi orang-orang beriman” (QS. Yunus: 57)

2. Dzikir

Mengapa dzikir itu demikian penting?

Karena dzikir adalah makanan pokok bagi hati, sedangkan kelalaian adalah petakanya. Bayangkan jika tubuh tidak pernah mendapat makanan pokok, bagaimana keadaannya. Demikian pula hati, jika tidak mendapatkan makanannya.  Dzikir adalah penyebab datangnnya kebahagiaan hati, kegembiraan, kelapangan dan cahaya. Dzikir adalah obat dari banyak jenis penyakit hati. ” Bukankah Allah berfirman: “Ketahuilah bahwa dengan dzikir hati bisa menjadi tentram” (Ar-Ro’du: 28)

3. Qiyamul Lail

Shalat tahajud atau shalat malam ( qiyamul laili)  merupakan ibadah tambahan yang tidak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah. Barang siapa yang rutin mengerjakan shalat tahajud insya Allah akan dimudahkan semua urusannya,dilapangkan hidupnya, dijauhkan dari kesengsaraan, kesukaran dan kesulitan hidup serta dimuliakan hidupnya . Rasulullah bersabda , “Shalat yang paling utama sesudah (shalat) fardhu, (ialah) shalat lail” (HR. Muslim)

4. Do’a

Do’a merupakan nikmat yang besar, yang dikaruniakan oleh Allah kepada hamba-hamba-Nya. Dimana Allah memerintahkan kepada manusia untuk berdo’a dan Allah langsung berjanji akan mengabulkannya. Bukankah ini sebuah kenikmatan?

Allah berfirman: Berdo’alah kamu kepada-Ku niscaya akan Ku-perkenankan bagimu. Sesungguhnya, orang-orang yang enggan untuk beribadah kepada-Ku pasti akan masuk neraka dalam keadaan hina-dina”. (QS. Ghaafir: 60)

itu tadi beberapa amalan yang bisa kita jalankan untuk dan beberapa amalan sunah yang lain juga masih banyak yang bisa kita lakukan secara kontinu agar nantinya hati kita tetap baik dan dijauhkan dari hal-hal yang dapat merugikan kita.

Semoga Allah menjadikan hati kita selalu sehat dan tetap hidup.