PENTINGNYA MEMPERHATIKAN HAK-HAK ORANG TUA

wali-santri

Sesungguhnya orang yang sudah lanjut usia mempunyai hak-hak yang harus diperhatikan. Islam sebagai agama yang sempurna berada pada barisan paling depan dalam member perhatian dan menjaga hak-hak mereka. Nabi Muhammad SAW bersabda: “ Sesungguhnya termasuk pengagungan kepada Allah adalah memuliakan orang-orang yang sudah beruban lagi Muslim, memuliakan ahli Qur’an dengan tidak berlebihan dan tidak menyepelekanya dan memuliakan para pemimpin yang berbuat adil” (HR. Abu Daud: 4843: dihasankan oleh Syaikh Albani dalam Shahih al-jami’ no 2199).

Berdasarkan hadis diatas betapa pentingnya kita harus memperhatikan hak orang tua atau orang yang sudh lanjut usia. Betapa tinggi kedudukan mereka. Bahkan, Nabi Muhammad SAW juga berwasiat: “Bukan termasuk golongan kami, orang yang tidak menyayangi orang-orang tua dari kami”, (HR. Tirmidza: 1842: ash-Shahihah no. 2196).

Sabda Nabi Muhammad SAW “Bukan termasuk golangan kami” menunjukan bahawa orang yang tidak menghormati orang yang sudah tua, maka, dia tidak mengikuti petunjuk Nabi Muhammad SWA, serta tidak berada diatas jalan sunahnya.

Agama Hanif

Islam sebagi agama yang hanif, dengan kelembutan dan perhatianya, sangat memperhatikan orang-orang yang sudah berusialanjut. Bahkan andaikan orang tua seseorang bukanlah muslim, maka syari’at kita tetap menyerukan untuk menjaga setiap haknya, sekalipun dia mengajak anaknya kepada kekafiran. Allah Azza wa jalla berfirman: “ Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan aku sesuatuy yang tiodak ada pengetahuanmu tentang itu maka janganlah kamu mengikuti keduanya, dan pergaulilah keduanya didunia dengan baik dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-KU, kemudian hanya kepada-Ku-lah kembalimu, maka Kuberitakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan”. (QS. Luqman 31: 15).

Dalil-dalil dalam syari’at dari al-qur’an dan Sunnah yang menunjukan perhatian terhadap hak-hak orang yang sudah lanjut usia sangatlah banyak. Ini menunjukan betapa besar perhatian Islam terhadap pemeliharaan hak-hak orang tua.

Hak-Hak Orang Tua

  1. Menghormatinya

Sebagaimana Rasulullah mengatakan “ ….. dan hormati orang tua- orang tua dari kami”.(HR. Tirmidzi). Kalimat ini mengandung makna yang tinggi bahwa orang tua harus dihormati dan seyogyanya kita selalu taat dan menyenangkan hatinya.

  1. Memuliakanya

Sebagai mana hadist yang telah kami sebutkan “ Sesungguhnya termasuk pengagungan kepada Allah adalah memuliakan orang-orang yang sudah beruban lagi Muslim (HR. Abu Daud: 4843: dihasankan oleh Syaikh Albani dalam Shahih al-jami’ no 2199). Memuliakanya dapat berupa memberikan/memanggilnya dengan panggilan-panggilan yang bagus sehingga orangtua menjadi senang dan bahagia serta membaguskan cara bergaul dan menampakan kecintaan kepada orang tua.

  1. Memuliakan salam kepadanya.

Hal itu sebagimana ada dalam hadist yang berbunyi: “ Hendaknya orang yang kecil member salam kepada orang yang lebih besar, orang yang berjalan kepada yang duduk dan yang sedikit kepada yang banyak”. (HR. Bukhari:6231, Muslim:5772).

Maka apabila berjumpa kepada orang tua atau orang yang lebih tua dari kita hendaknya kita jangan menunda untuk segera member salam yang baik dan sopan.

  1. Jika berbicara dengan menggunakan nada yang lembut dan sopan
  2. Mendahulukanya dalam berbicara
  3. Perhatikan kesehatanya.
  4. Mendoakan kebaikan untuknya.
  5. Kebaikan orang tua tidak ada tandinganya.

Itulah tadi beberapa hak-hak orang tua yang harus selalu kita jaga dan perhatikan agar nantinya InsyAllah kita akan menjadi salah satu orang yang akan masuk surganya Allah SWT.

Bagikan