EKSPLORASI PUSTAKA, MENGAIL MINAT BACA MENGASAH KEMAMPUAN BAHASA

Koleksi Pustaka (Perpustakaan LPPT Ulul Abshor)

Eksplorasi perpustakaan merupakan salah satu program pembelajaran yang diterapkan di Lembaga Pendidikan Pesantren Terpadu. Program pembelajaran ini diperuntukkan bagi santri mulai dari kelas 5 Sekolah Dasar hingga Madrasah Aliyah. Perlu disampaikan di sini bahwa LPPT Ulul Abshor sendiri menyelenggarakan unit pendidikan dari jenjang Pendidikan Anak Usia Dini hingga Madrasah Aliyah. Dengan tersedianya fasilitas perpustakaan yang lengkap, program eksplorasi perpustakaan ini memanfaatkan pustaka yang ada untuk membentuk minat baca dan mengasah kemampuan literasi para santri. Dengan demikian, harapan kita di masa yang akan datang para santri akan menjadi generasi yang berwawasan luas dan produktif dalam menghasilkan karya tulis.

Para santri sedang membaca pustaka(Kegiatan Eksplorasi Pustaka)

Para santri tidak selalu dipaksa menerima pengetahuan yang disampaikan oleh guru di kelas. Akan tetapi, melalui program ini mereka dilepas aktif untuk memilih literatur yang mereka sukai. Dengan mengambil 2 jam mata pelajaran setiap minggu, santri diminta untuk membaca kemudian merangkum isi bacaannya. Ternyata luar biasa, kemampuan anak-anak dalam menulis cukup memuaskan. Bahkan beberapa hasil tulisan para santri kami nilai layak mendunia maya seperti hasil karya Ananda Alya Rizka Husna Hanifa, santri kelas 5 SD Pesantren Terpadu Ulul Abshor.

resensi buku(Contoh Karya Tulis Santri)

Alya, begitu sang anak biasa dipanggil teman-temannya, tertarik dengan sebuah buku yang berjudul “Ayo Rajin ke Masjid” karya seorang penulis bernama Abu Ahmad Haekal. Dengan kreatif, Alya menampilkan resume isi buku yang ia baca dengan rapi dan artistik meskipun belum benar-benar sempurna. Menurutnya, isi pokok buku itu adalah jika kita rajin ke masjid, maka akan mendapatkan 3 keutamaan yaitu ;

  1. Terbebas dari api neraka dan sifat munafik,
  2. Dinaikkan derajatnya, dihapus dosanya, dan dido’akan para malaikat dan
  3. Mendapatkan cahaya yang sempurna di hari kiamat.

Mari dukung anak-anak kita menjadi generasi ilmiah sesuai tuntunan Al-Qur’an dan Sunnah!

Bagikan