USAI AKREDITASI, SD PESANTREN TERPADU ULUL ABSHOR SIAP TINGKATKAN PRESTASI

Pada bulan Agustus 2018 yang lalu, beberapa Sekolah Dasar di Kecamatan Banyumanik Kota Semarang, termasuk SD Pesantren Terpadu Ulul Abshor ‘punya gawe’ lima tahunan yaitu akreditasi sekolah. Semangat luar biasa ditunjukkan oleh tim akreditasi SD Pesantren Terpadu Ulul Abshor untuk menyambut momen berharga ini. Kenapa berharga? Karena dengan akreditasi ini sekolah dapat mengukur dan menilai diri apakah pengelolaan pendidikan yang diselenggarakan selama ini sudah sesuai dengan standar pengelolaan pendidikan yang baik atau belum.

SD Pesantren Terpadu Ulul Abshor terjadwal mendapat kunjungan dari tim asesor Badan Akreditasi Nasional Sekolah dan Madrasah (BAN-SM) pada tanggal 13-14 Agustus 2018. Acara dibuka dengan upacara pembukaan pada hari pertama yang diisi dengan sambutan-sambutan, di antaranya dari Ketua Yayasan Lembaga Pendidikan Pesantren Terpadu (LPPT) Ulul Abshor yang menaungi SD Pesantren Terpadu Ulul Abshor, Kepala Sekolah,  tim pengawas dan tim asesor. Yang perlu digarisbawahi dari sambutan-sambutan yang telah disampaikan adalah bahwa akreditasi merupakan peristiwa biasa yang seharusnya sudah dilaksanakan dalam pengelolaan pendidikan setiap harinya. Namun, bisa jadi ada sekolah yang belum bisa menyelenggarakannya sesuai standar nasional pengelolaan pendidikan karena masih terhambat oleh hal-hal yang belum dimiliki maupun diketahui oleh sekolah. Di sinilah pentingnya akreditasi sehingga sekolah mampu mengoreksi diri sudah sebaik apa tingkat pelayanannya terhadap peserta didik.akre 2 akre 5

Proses koreksi diri tersebut terurai dalam sesi wawancara tim asesor terhadap tim akreditasi Sekolah yang mencakup delapan instrumen standar akreditasi. Sekali lagi bukan nilai akreditasi yang ingin didapatkan dari proses ini, melainkan sekolah mampu menilai apa saja kekurangannya dalam menyelenggarakan layanan pendidikan selama ini.

Rangkaian proses akreditasi ditutup dengan pesan dan kesan yang disampaikan oleh tim asesor dan tim pengawas sekolah. Alhamdulillah kesan positif tergambar dari sambutan-sambutan penutupan terhadap seluruh proses akreditasi selama dua hari itu. Tidak lupa, tim asesor, tim pengawas sekolah dan tim akreditasi sekolah berfoto bersama sebagai pengingat-pengingat momen langka ini.

akre 3 akre 6

Semoga lepas dari akreditasi ini, SD Pesantren Terpadu Ulul Abshor mampu meningkatkan prestasinya dalam menyelenggarakan layanan pendidikan lembaga resmi dakwah islamiyyah dan menjalankan amanat UUD 1945 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.

Bagikan