Seminar Ilmiah Ulul Abshor Berlangsung Sukses

Dengan mengucap syukur Alhamdulillahi Robbil ‘Alamin, acara seminar ilmiah LPPT Ulul Abshor dengan tema “Dengan Hijrah Kita Bangkitkan Revolusi Mental dengan Kekuatan dan Segenap Potensi untuk Membangun Pendidikan Berkarakter Tauhid” berlangsung dengan sukses. Sesuai rencana, seminar dilaksanakan pada hari Sabtu, 29 september 2018. Acara dimulai pada pukul 08.30 WIB yang dipandu dan dibuka oleh Master Of Ceremonial atau pembawa acara yaitu Ananda Attaula, santri kelas IX SMP Pesantren Terpadu Ulul Abshor.
Penampilan Santri TK Sebelum penyampaian materi seminar oleh para pembicara, acara diisi dengan penampilan para santri LPPT Ulul Abshor. Penampilan pertama yaitu Tilawatil Qur’an Bil Ghoib oleh Ananda Safana Santri Kelas V SD Pesantren Terpadu Ulul Abshor. Penampilan kedua berupa pembacaan puisi berbahasa Inggris oleh Ananda Nabila Santri Kelas IX SMP Pesantren Terpadu Ulul Abshor. Dilanjutkan penampilan santriwan-santriwati Kelompok Belajar dan Taman Kanak-Kanak Ulul Abshor yang membawakan hafalan beberapa Hadist Arba’in Nawawiyyah. Penampilan para santri LPPT Ulul Abshor ini sempat membuat kagum peserta seminar yang begitu khidmat menyaksikan penampilan mereka.
Setelah itu acara memasuki agenda utama seminar yaitu penyampaian materi seminar. Pembicara pertama ialah Drs. Kastori, Ketua Yayasan Ponpes Terpadu Ulul Abshor yang membawakan judul “Islam dan Kewajiban Eksplorasi, Baik Darat Maupun Laut”. Menurut beliau, Umat Islam memiliki modal penting sebagai sebaik-baik umat sesuai isyarat Rosulullah SAW. Konsepsi sebaik-baik umat ini berangkat dari ajaran tauhid di mana umat Islam dapat mengerahkan segenap potensinya untuk menjalankan amanat sebagai khalifatullah di muka bumi dengan motivasi cuma satu yaitu penghambaan diri secara total hanya kepada Allah Subhanahu Wata’ala dan tidak memberikan pengakuan ketuhanan kepada selain-Nya dalam semua urusan.Dr. Sunarto menyampaikan materi
Sebagai pembicara kedua pada acara seminar ini ialah Dr. Sunarto, S.Pi., M.Si. Beliau adalah Ketua Jurusan sekaligus Dosen Pengajar pada Jurusan Ilmu Kelautan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Padjajaran Bandung. Secara istimewa menyempatkan diri untuk bersilaturahmi dengan civitas akademika LPPT Ulul Abshor dan bersedia mengisi seminar tersebut. Secara umum beliau memaparkan betapa besarnya potensi sumber daya laut Indonesia. Secara geografis Indonesia berada pada lintasan jalur perdagangan antar benua. Produksi perikanan laut Indonesia juga sangat besar karena biodiversitas atau keanekaragaman hayati lautnya sangat kaya. Wilayah laut yang sangat luas juga memiliki potensi energy yang sangat besar berupa energy gelombang laut dan migas bawah lautnya.Peserta seminar
Setelah seluruh rangkaian acara seminar selesai, Ketua Yayasan Ponpes Terpadu Ulul Abshor memberikan kenang-kenangan dan ucapan terimakasih secara simbolik. Penghargaan yang tinggi dan terimakasih yang sebesar-besarnya kami sampaikan kepada Dr. Sunarto, S.Pi., M.Si.atas kesediaan beliau dari Bandung jauh-jauh ke Semarang menyempatkan diri bersilaturahmi dan berbagi ilmu dengan civitas akademika LPPT Ulul Abshor. Semoga amal baik beliau dicatat sebagai pengabdian yang besar oleh Allah Ta’ala dan para santri LPPT Ulul Abshor termotivasi untuk bercita-cita tinggi meraih ilmu setinggi-tingginya. Amiin.

Penyerahan Penghargaan