Menulis Surat

Salah satu materi pelajaran dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 6 tingkat Sekolah Dasar ialah belajar menulis surat. Surat sendiri berdasarkan sifatnya dibagi menjadi 2 yaitu surat resmi dan surat pribadi. Surat resmi dalam bentuk fisik maupun elektrik mungkin masih banyak diaplikasikan. Namun surat-surat pribadi dalam bentuk fisik dalam secarik kertas sudah jarang kita gunakan karena sudah tergantikan dengan media-media elektik yang modern semisal SMS, WA maupun media sosial lainnya.

Akan tetapi tidak ada salahnya jika pembelajaran materi tersebut di atas masih diberlakukan mengingat pembuatan surat juga masih membutuhkan kaidah-kaidah yang tidak bisa digantikan oleh mesin. Contohnya adalah bagaimana santri merangkai kata-kata menjadi sebuah kalimat yang ingin disampaikan dalam sebuah surat. Berikut ini salah satu contoh surat pribadi yang ditulis oleh santri kelas 6 SD PT Ulul Abshor, Ananda Qayla.

Semarang, 23 Oktober 2018

Assalamualaikum

 

         Dari sahabat terbaik Qayla

        Untuk sahabat terbaik Lathifah

 

Apa kabarmu?

Semoga kamu baik-baik saja di sana!

Sudah lama kita tidak bertemu.

Aku ingin sekali bertemu denganmu.

Semoga saja saat liburan nanti kita dapat bertemu bersama lagi. Aku ingin mengajak kamu pergi jalan-jalan saat liburan nanti.

Kalau kamu punya waktu luang kamu datang ke sini ya.

Tolong surat ku ini dibalas ya.

 

                                                                                                                               TTD

 

 

                                                                                                                 Sahabat terbaik Qayla

 

 

Bagikan