PELATIHAN MANAJEMEN BANK SAMPAH

Pelatihan Bank Sampah 2Sebagai tindak lanjut dari kesepakatan kerjasama antara Lembaga Pendidikan Pesantren Terpadu (LPPT) Ulul Abshor dengan Tim Pengabdian Masyarakat Departemen Statistika Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro tentang pengelolaan sampah, Panitia Pelatihan Pengelolaan Sampah LPPT Ulul Abshor telah menyelenggarakan pelatihan tahap pertama yaitu Pelatihan Manajemen Bank Sampah pada hari Sabtu, 24 November 2018 lalu. Pelatihan diikuti oleh para Guru, Karyawan, Santri dan Walisantri LPPT Ulul Abshor. Adapun pelatih berasal dari Tim Pengabdian Masyarakat Undip langsung yaitu Bapak Dr. Rukun Santoso, M.Si. dan Bapak Dr. Budi Warsito, S.Si., M.Si.

Pelatihan Bank Sampah 4Dalam sambutannya, baik dari pihak LPPT Ulul Abshor maupun Tim Pengabdian Masyarakat sepakat bahwa pelatihan ini sebagai wujud aktualisasi dari Firman Allah Ta’ala dalam Surat Ali ‘Imron Ayat 191 :

الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَىٰ جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَٰذَا بَاطِلًا سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya :

(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.”

Dan Surat Shaff ayat 2 dan 3 :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لِمَ تَقُولُونَ مَا لا تَفْعَلُونَ . كَبُرَ مَقْتًا عِنْدَ اللَّهِ أَنْ تَقُولُوا مَا لا تَفْعَلُونَ

“Wahai orang-orang yang beriman, kenapa kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan? Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan.

Pelatihan Bank Sampah 5Dalam sesi tanya jawab tersirat semangat yang dari para peserta baik dari kalangan Guru maupun para walisantri untuk bisa mengimplementasikan hasil pelatihan yang didapatnya baik untuk lingkungan sekolah maupun lingkungan rumah masing-masing. Insya Allah LPPT Ulul Abshor di waktu yang akan datang akan berusaha mengamalkan ilmu ini dengan membentuk Unit Bank Sampah di sekolah. Paling tidak nama Unit Bank Sampahnya sudah dibuat dulu yaitu Asy-yaun Nafi’ah. Dari pihak Tim Pengabdian Masyarakat sendiri juga menyatakan siap untuk selalu memberikan bimbingannya.

Pelatihan Bank Sampah 3Pelatihan Bank sampah 6Pelatihan Bank Sampah 1

Bagikan