LPPT Ulul Abshor sebagai salah satu pendidikan dan dakwah mengemban misi untuk mencetak SDM yang berkualitas. Menjelang libur tiba bukan berarti santri akan libur dengan kegiatan tanpa manfaat, namun santri perlu adanya kegiatan yang bernuansa islami, mendidik dan menyenangkan. Pesantren liburan adalah salah satu wahana alternatif kegiatan liburan santri dalam rangka memantapkan pembinaan keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT, melatih ibadah, akhlak serta bersosialisasi dengan lingkungan luar dengan harapan melatih siswa terbiasa dan dapat bersosialisasi di lingungan luar.

Adapun nilai yang diharapkan dari pesantren liburan yaitu :

  1. Adanya suasana kebersamaan dan kesederhanaan;
  2. Adanya suasana kekerabatan dan kekeluargaan;
  3. Adanya peningkatan pengalaman, penghayatan, dan praktik dalam kehidupan sehari-hari.



kegiatan dauroh dengan ustadz Kastori

Tujuan dilaksanakan Pesantren Liburan adalah dapat meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan siswa tentang ajaran agama Islam berdasarkan Al Qur’an dan As Sunnah sehingga menjadi manusia muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Selain itu kegiatan ini diharapkan dapat memperdalam, memantapkan, dan meningkatkan penghayatan ajaran agama Islam khususnya tentang keimanan, ibadah, akhlak, Al Qur’an, dan As Sunnah.

Ustadz Alif sedang menyampaikan materi “Pesan Rahasia Orang Tua”


Banyak kegiatan yang bisa dilakukan dalam pesantren liburan seperti kajian subuh, dauroh, seminar, outdoor games, dan tentunya tidak kalah menarik adalah berkuda.

Rasulullah SAW bersabda, “Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang dan memanah” (Riwayat Sahih Bukhari/Muslim). Rasulullah SAW, “Lemparkanlah (panah) dan tunggangilah (kuda).” (Riwayat Muslim). Dari hadist ini menggambarkan bahwa ada anjuran bagi kita serta anak-anak kita untuk di ajarkan mengenal dan menaiki kuda. Adapun manfaat yang bisa didapatkan dengan berkuda yaitu :

  1. Meningkatkan kekuatan otot
  2. Meningkatkan akselerasi reflek tubuh
  3. Mencegah kram otot
  4. Meningkatkan pergerakan tulang sendi
  5. Meningkatkan sistem kardiovaskular
  6. Meningkatkan sirkulasi dara
  7. Menstimulasi integrasi sensor
  8. Meningkatkan penglihatan sehingga meluas
  9. Meningkatkan tanggung jawab, kesabaran, kedisiplinan dan rasa percaya diri
Berkuda kaya manfaat…
Pengumuman-pengumuman bersama Ustadz Puguh

Kegiatan di alam terbuka (outdoor) dapat menjadi sarana untuk menambah wawasan pengetahuan. Banyak kegiatan bermanfaat yang bisa dilakukan di alam terbuka, salah satu contohnya adalah outbound. Kegiatan outbound merupakan serangkaian permainan petualangan baik yang dilakukan perorangan maupun kelompok untuk memacu semangat dan kreativitas seseorang. Outbound juga dapat dimainkan oleh berbagai usia mulai dari anak-anak hingga dewasa. Lalu apakah kegiatan outbound atau kegiatan outdoor lainnya memungkinkan diikuti oleh mereka yang memiliki kondisi khusus, seperti berkebutuhan khusus, menderita gangguan jiwa, memiliki keterbatasan fisik serta sedang dalam proses rehabilitasi? Jawabannya adalah sangat memungkinkan, tentunya dengan pendampingan dari guru dan instruktur yang sudah berpengalaman.

Outdoor activity


Adapun kajian subuh diharapkan dapat melatih santri untuk mengamalkan sunnah Rasullullah halallahu alaihi wassalamsebagaimana hadist yang menyebutkan ” Barangsiapa menegakkan salat subuh berjamaah di masjid, lalu dia duduk berzikir (tadurrusan) sampai matahari terbit, lalu menegakkan salat dua rakaat, maka dia akan meraih pahala haji dan umrah. Rasulullah melanjutkan salat, ” sempurna, sempurna, sempurna.” (HR At-Tirmidzi). Selain itu ada hadist yang menyebutkan “ Siapa yang keluar rumah untuk menuntut ilmu syar’i, maka dia berjihad di jalan Allah hingga ia kembali” (HR At Tirmidzi).

Kajian subuh bersama ustadz Kastori


ISI LIBURAN ISLAMI, MENDIDIK, DAN MENYENANGKAN DENGAN PESANTREN LIBURAN
Bagikan