Hasil Rangkuman dari Kunjungan Perpustakaan SMP Ulul Abshor Bulan September 2019 Part 2

Buku : Ensiklopedia Biografi Nabi Muhammad Shallahu’alaihi wa Sallam dan Tokoh – Tokoh Besar Islam

Penulis : K.H Achmad Sunarto

Dirangkum oleh : Adike Ayu Pramanati (Kelas 8)

Ali Bin Abi Tholib Seorang Hakim yang Alim

Pada masa pemerintahan Khalifah Abu Bakar, Ali menjadi seorang penasehat yang terpercaya. Ali adalah seorang ulama besar, ahli fiqh, mujahid dan hakim adil serta pemilik hukum – hukum yang pasti. Bahkan Rasulullah Shallahu’alaihi wa Sallam pernah menyerukan Ali dengan pintu ilmu.

Rasulullah bersabda “Aku adalah kota ilmu, sedangkan Ali adalah pintunya. Barang siapa menginginkannya, Maka hendaknya ia mendatangi pintunya”.

Abdullah bin Abbas pernah sekali berkata : “Jika sesuatu telah ditetapkan oleh Ali kepada kami, kami tidak akan membandingkannya dengan yang lain”.

Ali juga yang telah menyarankan kalender hijriyah kepada Umar bin Khattab. Orang pertama yang bertanggung jawab atas keputusan manusia adalah Rasulullah.

Ali pernah berkata : “Rasulullah mengutusku pergi ke yaman lalu. Aku berkata “Wahai Rasulullah, jika aku pergi ke sana dan mereka menanyakan sesuatu yang aku tidak tau jawabannya, Bagaimana?”

Rasulullah menjawab “Mendekatlah” lalu aku mendekat tiba – tiba Rasulullah menepuk dadaku dan berkata “Ya Allah, tetapkanlah lisannya berilah hatinya hidayahnya” “Demi Allah, sejak saat itu aku tidak pernah ragu memutuskan dua hal yang berbeda”.

Imam Ali termasuk orang yang paling mendalam pengetahuannya dan juga orang yang fasih dan berani. Demikian pada kekhilafahan Utsman bin Affan, Ali bin Abi Thalib selalu memberikan nasihat dan pendapat untuk pengerahan.

Banyak orang yang mencintai Ali bin Abi Thalib dan ingin dekat dengannya.

Bagikan